WHAT'S ON?

Start From Here is a blog for sharing various kinds of information from developments in situations and conditions with various themes that are worth presenting

FIND ANYTHING YOU WANT TO KNOW

Start From Here is a blog for sharing various kinds of information from developments in situations and conditions with various themes that are worth presenting

WE CAN TO START

Start From Here is a blog for sharing various kinds of information from developments in situations and conditions with various themes that are worth presenting

ON YOUR SOCIAL MEDIA

Start From Here is a blog for sharing various kinds of information from developments in situations and conditions with various themes that are worth presenting

DON'T MISS OUT, CALL ME IF YOU NEED!

Start From Here is a blog for sharing various kinds of information from developments in situations and conditions with various themes that are worth presenting

TAKE YOUR FAVORITE NEED AND TAKE IT HOME

Start From Here is a blog for sharing various kinds of information from developments in situations and conditions with various themes that are worth presenting

Cari Blog Ini

Kamis, 10 Agustus 2023

Strategi BLACKPINK x Starbucks Dalam Berkolaborasi Membuat Fans Saling Iri

 Strategi BLACKPINK x Starbucks Dalam Berkolaborasi Membuat Fans Saling Iri 


Gambar: Kpop Chart

BLACKPINK x Starbucks mendengar keduanya jelas tidak asing lagi, sebuah girlband asal Korea yang sangat populer pasalnya melakukan kolaborasi dengan brand kopi ternama asal Amerika Serikat yaitu Starbucks. Kolaborasi antara BLACKPINK x Starbucks ini masuk dalam radar edisi khsusus mereka.

BLACKPINK x Starbucks memilih tema “Turn Up Your Summer” pada edisi kolaborasi tersebut, mereka mengumumkan melalui sosial media secara resmi pada tanggal 20 Juli 2023. Edisi kolaborasi ini mengundang banyak antusias yang sangat positif dari para BLINK, bahkan sosial media dipenuhi oleh postingan  pemburu special merchendise dari BLACKPINK tersebut.

Edisi kolaborasi antara BLACKPINK x Starbucks cukup unik, walaupun sebenarnya BLACKPINK terbilang sangatlah sibuk ditengah padatnya jadwal world tour, mereka pun menyempatkan rilisan sebuah video dimana menunjukkan  pilihan masing-masing personil terhadap tumbler yang akan di pasarkan. Tidak menafikan pihak entertainment agency-Seoul,Korea yaitu YG Entertainment Inc memaksimalkan perencanaan pengelolaan dengan baik antara marketing strategy dan branding yang tetap aktif agar konsisten dilakukan demi mengejar market pada tingkat dunia. Namun apakah produknya saja yang sangat terlihat spesial, atau didukung strateginya juga yang spesial? simak pembahasannya.

Limited Edition Product

Pada pembahasan ini, menemukan beberapa real steps yang dilakukan oleh pihak BLACKPINK dan Starbucks demi mencapai goals mereka pada edisi kolaborasi kali ini. Seperti bahwa bila diperhatikan mereka memilih untuk menjadikan produk rilisan itu masuk ke dalam kategori limited edition atau ekslusif merchandise, strategi kolaborasi ini memang sangat populer dilakukan kebanyakan brand atau perusahaan era modern, ada yang memilih bertajuk brand to brand, brand to influencer, sekalipun brand to community. Contohnya big brand “Louis Vuitton x Vespa” hingga “Christian Dior x Vespa” walaupun brand tersebut berkategori sangat exclusive collaboration (bukan apple to apple) namun memiliki strategi yang sama dalam pemasaran sehingga rekam jejak yang diambil yaitu sebuah bukti keberhasilan-nya.

Sedikit membedah apa saja produk yang dikeluarkan ke dalam kategori limited edition atau esklusif merchendise tersebut. Dari sebuah sumber kredibel menyebutkan terdapat beberapa produk limited edition yang dikeluarkan salah satunya melansir pada koreaboo.com, bahwa BLACKPINK x Starbucks merilis ragam merchandise diantaranya mulai dari produk tote bag, tumbler, keyring, yoga mat, apron, hingga gelas.

Detailnya sebagai berikut, menurut konfirmasi dari Spokesperson yaitu Astrid Tanggara sebagai Senior General Manager, Portfolio Marketing & Marketing Communication PT Sari Coffee Indonesia menyatakan untuk edisi BLACKPINK x Starbucks yang termahal merupakan Tumbler pilihan Lisa angkanya mencapai Rp2 juta. Tumbler Starbucks pilihan Lisa tersebut memiliki kapasitas 473ml berwarna pink didukung detail rhinestone berkilau. Lainnya seperti pilihan Jisoo dengan kapasitas 710ml berkelebihan hanya untuk tahan pada minuman dingin, untuk bisa mendapatkan merogoh dompet seharga Rp585 ribu, lalu Tumbler pilihan Rose berkapasitas 485 ml seharga Rp495 ribu, dan Tumbler pilihan Jennie berjenis mug keramik bergagang merah 27 ribu won atau dalam pecahan rupiah kurang lebih Rp318 ribu. Menurut informasi berasal dari Korea Mail Business Daily, strategi tersebut bertujuan untuk menarik fandom internasional dari penggemar BLACKPINK.

Limited edition itu juga hadir tidak hanya berupa tumbler namun mereka meng-create reusable cup yang limited. Dimana bagi yang ingin mendapatkan dengan cara melakukan pembelian minuman khusus kolaborasi, pihak BLACKPINK x Starbucks pun membatasi pembelian maka tentu perlu effort lebih seperti istilah siapa cepat dia dapat. 

Brand Activation with Instagram Filter

Setelah memperhatikan cara mereka memainkan offline marketing, kemudian bergeser pada ranah social media marketing. Dimana tim internal BLACKPINK x Starbucks tidak hanya berdiam diri, mereka melakukan brand activation atas produk tersebut dengan cara menciptakan kesadaran merek (brand awareness) melalui tantangan keseruan. Bisa disebut sebagai Aktivasi Instagram Challenge, mengapa? Karena mereka memainkan sebuah postingan yang isinya berupa keseruan sebuah tantangan goals untuk menarik simpati. Bagi mereka yang ingin ikutan akan mendapatkan goodie bag spesial bersyarat melalui aturan yang berlaku, aturan utama yaitu perlu membeli produk kolaborasi “ Show your BLACKPINK + Starbucks products using our IG Filter, don’t forget to wear something PINK! , Tag @starbucksindonesia and a friend, Easy! “. Sebuah cara realistis untuk meningkatkan awareness dan interaksi lewat social media, dimana dari banyaknya yang ikutan itu akan mengundang perhatian dalam ranah digital sebab ada tools pemantik yang dipancing dari internal brand tersebut.

Provides a Special Menu

Tak hanya bertumpu pada hal tersebut, selaku pihak BLACKPINK x Starbucks pun memilih pendekatan lain untuk bisa mencapai goals mereka yaitu dengan cara merilis edisi minuman baru rasa Strawberry Choco Cream Frappuccino Blended. Minuman tersebut berwarna ikonik yaitu merah muda dan hitam, pihak mereka menyebutkan pemilihan atribut warna perpaduan tersebut dihasilkan atas inspirasi dari New Album BLACKPINK bertajuk Born Pink. Minuman yang memiliki campuran beberapa ingriedients seperti sirup strawberry, chocolate curls, susu oat, dark chocolate, krim berwarna pink yang dikocok serta campuran coklat berbentuk hati. Bagi yang ingin mendapatkan minuman special tersebut seharga Rp69.000 sampai Rp.79.000 tergantung ukuran yang dipilih. Jangan salah kolaborasi ini tak hanya di Indonesia, melainkan di beberapa negara Asia mulai dari Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina, Hongkong, dan Korea Selatan maka dari itu mereka benar-benar riset kebiasaan/budaya seperti apa yang tepat pada menu spesial yang dihadirkan (Consumer behaviour).

Word of Mouth makes FOMO 

Tahulah kebiasaan orang indonesia seperti apa kalau urusan trends? yup, dalam penelitian orang Indonesia rata-rata FOMO(fear of missing out). Simplenya FOMO itu seperti apa-apa diposting yang sedang trend atau tidak mau ketinggalan, dimana mereka ingin menunjukan seberapa antusias & eksistensi terhadap apa yang mereka suka atau bahkan cintai pada digital platform.  Nah, inilah menjadi point plus yang bisa dimanfaatkan oleh pihak BLACKPINK x Starbucks menyadarkan merek dagang mereka, dimana memanfaatkan momen-momen FOMO tersebut yang disampaikan dari ragam figure mulai dari content creator, public figure, hingga orang biasa yang tersulut vibes. Contohnya ada  @helloheymichi, aureliehermansyahatta, babythalii dan lainnya yang membuat konten review BLACKPINK x Starbucks sehingga meciptakan suasana ramai di platform digital. Pada akhirnya tersampaikan strategi WOM(word of mouth) digital melalui sosial media platform, strategi ini merupakan yang benar-benar ampuh karena mereka dengan sukarela membagikan postingan atas apa yang dirasakannya sehingga menambahkan dampak rasa kepercayaan secara langsung terhadap merek jual.

Itulah beberapa strategi BLACKPINK x Starbucks untuk edisi kolaborasi tersebut, bertujuan menarik fandom International. Sejauh pembahasan pihak mereka memainkan aktif segala ruang agar produk tersebut terpasarkan dengan baik serta aspek terpenting brand semakin dikenal keberadaannya. Ini menjadi gambaran untuk kita agar fokus terhadap ruang-ruang pemasaran yang perlu disentuh, agar brand kita nantinya banyak digemari oleh khalayak luas. Pesan untuk BLINK yang belum dapat jangan berkecil hati, tetap semangat, dan pelajari terus strategi kolaborasi marketing termasuk yang baru dibahas ini yaa.. agar tidak kaget kalau menemukan pola yang sama pada edisi lainnya, sehingga ada persiapan yang diperlukan untuk mendapatkan para BLINK.

Selasa, 08 Agustus 2023

Tionghoa Merupakan Keturunan Yang Tak Pernah Meragukan, Apakah Ini Gambaran Kesuksesan Kehidupan!?

Tionghoa Merupakan Keturunan Yang Tak Pernah Meragukan, Apakah Ini Gambaran Kesuksesan Kehidupan!? 

Gambar: CNBC, Pngegg (redesign ANDRYE HERMAWAN)


Negara dengan jumlah populasi terbesar dunia ini yaitu keturunan Tionghoa, di Indonesia sudah menjadi streotipe cukup populer sebagai salah satu panutan untuk menimbang pribadi ke arah kesuksesan. Pasalnya bagaimana tidak? kebanyakan dari mereka menjalankan aktivitas kehidupan selalu dengan prinsip yang ia bawa hingga mencapai ke titik kesuksesan.

Keturunan Tionghoa saja menarik data terakhir atas Forbes versi tahun 2022, mencatatkan deretan orang terkaya di Indonesia yang masuk dalam 10 besar dan menjadi mayoritas, hanya dua sosok diantaranya yang bukan keturunan Tionghoa yaitu Sri Prakash Lohia dan Chairul Tanjung.

Berkiprah dalam kehidupan yang lebih baik, makmur, dan menjadi sumber keistimewaan dari waktu ke waktu seperti menjadi tujuan utama keturunan Tionghoa. Sampai sebuah deklarasi pribahasa yang selalu teringat menggaung ke dalam benak kita “Tuntutlah Ilmu Sampai Ke Negeri China”. Menggambarkan makna sebegitu kuatnya keturunan Tinghoa ini menjadi dorongan inspirasi untuk sebuah kesuksesan dalam kehidupan. Lantas apakah ini gambaran kesuksesan kehidupan? Mari kita bahas.

Menjadi fakta pada zaman modern keturunan Tionghoa semakin menggurita, tidak hanya di Indonesia saja mereka juga mampu menyebar ke negara-negara lain. Melakukan kegiatan yang dinamakan migrasi, hingga meraih kesuksesan diatas tanah yang mereka tempati. Data yang dirilis Overseas Community Affairs Council (OCAC) pada tahun 2021 Indonesia menjadi destinasi favorite melakukan kegiatan migrasi keturunan Tionghoa tersebut, angkanya mencapai 10,88 juta orang. Disusul negara favorite lainnya untuk bermigrasi keturunan Tionghoa yaitu Thailand sebanyak ±7 Juta orang, Malaysia sebanyak ±6 Juta orang, AS (Amerika Serikat) sebanyak ±5 juta orang, dan masih terdapat beberapa negara lainnya yang angkanya beragam.

Kemudian, apakah setelah berimigrasi keturunan Tionghoa mereka hanya berdiam diri dan akhirnya meraih kesuksesan dalam kehidupan, maka jelas tentu tidak. Coba menilik beberapa sosok keturunan Tionghoa diluar deretan 10 orang terkaya di Indonesia tersebut, mungkin beberapa  teman-teman anti mainstream dengan nama berikut mulai dari Jejouw (Jeffry Jouw) seorang millenials keturunan Tionghoa yang sukses dengan bisnis model baru yang sedang trend dalam beberapa tahun kebelakang seperti pada sektor event dan media, contoh bisnis event yang Jejouw jalankan yaitu USS (Urban Sneaker Society) dan bisnis media yang populer dikalangan millennials yaitu Folkative, Volix dan sebagainya, mau membahas sosok Jejouw lebih mendalam lagi? coming soon. Selanjutnya, ada nama Felicia Putri Tjiasa sosok millenials sukses sebagai Investment Storyteller, content creator, dan pengusaha, keturunan Tionghoa yang pernah berkuliah juga di Universitas President, Cikarang-Bekasi lho. Lalu, Raymond Chin (Raymond Surya Chin) merupakan keturunan Tionghoa sukses menjalani entrepreneur beberapa bisnisnya seperti @7preneur, CEO @ternakuang.id dan termasuk juga content creator dalam youtubenya yang menembus satu juta subscriber lebih serta lebih dari 600 unggahan video pada channelnya, dalam videonya selalu membahas mengenai ilmu yang bermanfaat, keuangan, bisnis sampai pengembangan diri.

Keturunan Tionghoa tersebut sedikit banyaknya menjadi gambaran kesuksesan dalam kehidupan, dan mungkin masih banyak lagi figure lainnya diluar konteks tersebut tanpa mengurangi rasa hormat. Jikalau, kita mengamati keturunan Tionghoa berhasil sukses pada berbagai bidang yang ditekuninya termasuk darimana mereka mengambil langkah awal, dan dari langkah awal tersebut mereka tentukan langkah-langkah seperti apa pada akhirnya. Seperti apa yang ingin didapatkan, dan terus berkembang, diibaratkan sebuah bisnis/tempat yang satu selesai, lanjut bisnis/tempat yang kedua, dan seterusnya tak pernah terfikirkan kalimat berhenti.

Merangkum atas pembahasan diatas rasanya keturunan Tionghoa terlihat sebagai figure yang berani, berambisi, dan penuh daya juang hingga meraih kesuksesan. Memang seharusnya inikah ciri khas keturunan yang akan meraih kesuksesan dalam kehidupan, kalau menurut kalian gimana?. But, walau sebenarnya arti kata kesuksesan kehidupan itu berlaku subjektif, namun kata kuncinya adalah ini menjadi dorongan yang bukan keturunan Tionghoa untuk berprilaku hal yang sama, untuk meraih kesuksesan hidup perlu penuh perjuangan melalui apa yang diinginkan dengan kegigihan, ketekunan, keuletan, dan tanpa batasan apapun. Tanpa perjuangan tampaknya bukan hanya keturunan Tionghoa saja yang tidak akan sukses, diluar itu pun keturunan lainnya akan bernasib sama. Well, itulah pembahasan keturunan Tionghoa yang bisa membuat kita terinpirasi, semakin percaya diri. So mungkin keturunan apalagi yang akan kita bahas boleh tulis saran, kritik, dan masukan di kolom comment or melalui kolom contact us. 

Selasa, 25 April 2023

The Marke(T)hinks: Pt 1. It is called about the marketing

 

Gambar: Pinterest(Redesign Andrye Hermawan)

Berpikir mengenai market untuk pemasaran merupakan sebuah elemen krusial penentu keberhasilan akan bisnis sekalipun pada tingkatan institusi, organisasi, kelompok, dan individu. Domain pemasaran dari waktu ke waktu terus mengalami pengembangan hingga perluasan. Kontribusi dan peran dalam berpikir mengenai market untuk pemasaran menjadi signifikan dalam kebertahanan situasi, kondisi dan supremasi. Dinamika tersebut menghadirkan dampak diantaranya keberagaman perspektif, cara, dan rencana.

Dengan menarik hal tersebut, maka mulanya kita akan membahas tentang marketing. Marketing dalam pergeseran waktu mengalami perkembangan bahasan semula hanya bertitik terhadap ekonomi, kini menjadi suatu disiplin ilmu praktik hingga teori. Marketing sendiri berasal dari Bahasa Inggris pertama kali mencuat tahun 1561, kemudian terjadilah sebuah perkembangan pesat pasca revolusi industri abad ke-18 dan 19 dengan muncul konsep marketing modern. Penandaan tersebut terlihat dari perubahan sosial atas dorongan teknologi serta keilmuan, maka seperti kebanyakan industri telah memproduksi dengan sistem masal. Namun pemasaran dikala itu masih terbilang cukup langka sehingga sebagai produsen mampu menjual barang produksi dengan berstatus selama mereka masih bersedia menjualnya. Pada akhirnya, fokus pemasaran pada era revolusi modern tersebut terhadap distribusi hingga pengembangan produksi untuk lebih menekankan biaya yang keluar. Kemudian masuk ke abad 20 tepatnya melewati masa perang dunia ke-2 periode 1 September 1939 – 2 September 1945, kompetisi berbisnis menjadi lebih kompetitif tensi lebih meningkat termasuk fokus mulai berpindah dari produksi ke selling atau penjualan. Media massa sebagai pilihan bahan promosi, penentuan merek dagang, berkomunikasi menjadi sebuah keharusan/kepentingan organisasi demi memasarkan produk sebanyak mungkin serta untuk dikenal khalayak dan berlandas semua atas dasar kebutuhan masyarakat yang sudah mulai meningkat.

Kendati demikian, seiring pergeseran waktu maka perkembangan definisi marketing itu sendiri pun ikut terjadi. Crosier, K. (1975) compiled a list of fifty different definitions of marketing in the literature, but there are underlying principles which can be classified into three distinct elements (Webster, 1992). Crosier tahun 1975 menelaah definisi marketing mencapai lebih dari 50 ditulis melalui artikel berjudul “What exactly is marketing?” yang mengelompokan ke dalam tiga jenis, utamanya yaitu pemasaran didefinisikan sebagai proses, konsep/filosofi, dan orientasi. Sedangkan, AMA (American Marketing Association) yang dibentuk pada tahun 1937 (86 tahun yang lalu) semulanya penggabungan atas dua organisasi terdahulu yaitu National Association of Marketing Teachers dan American Marketing Society menawarkan sebuah definisi baku mengenai pemasaran pada tahun 1935 teruntuk akademisi serta praktisi. Dikatakan bahwa definisi pemasaran adalah “sebagai kinerja aktivitas bisnis yang mengatur aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen “. Selanjutnya, pada tahun berbeda AMA mencoba untuk menelaah apa yang mereka coba definisikan tentang marketing, alhasil tahun 1960 memutuskan untuk tidak terjadi perubahan, melainkan mereka mencoba me-revisi ulang pada tahun 1985. Menyatakan marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individual dan organisasi. Setelah masuk kepada abad 20 mengingatkan kepada kompetisi berbisnis menjadi lebih kompetitif, serta tensi lebih meningkat termasuk fokus mulai berpindah dari produksi ke selling atau penjualan termasuk pemanfaatan media massa, merek, dan cara komunikasi. Maka disini AMA bertindak untuk meredifinisikan kembali tentang pemasaran yaitu “fungsi organisasi dan serangkaian proses menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan nilai bagi para pelanggan, serta mengelola relasi pelanggan sedemikian rupa sehingga memberikan manfaat bagi organisasi dan para stakeholder-nya” pengumuman yang dilangsungkan pada saat acara AMA Summer Educators’ Conference di Boston, Agustus 2004. Perubahan terjadi atas dasar masukan dari para praktisi, akademisi, dan pemasar dunia. Namun tak terlepas menjadi bahan kritikan, seperti terlihatnya sebuah pergeseran cara pandang atau paradigma semulanya pertukaran (exchange) menjadi penciptaan nilai (value creation). Ditambah adanya penyempitan fokus, dimana kecenderungan terhadap hal bersifat manajerial dan abai terhadap dampak luas pemasaran teruntuk masyarakat, maka definisi tersebut terlihat seolah utamanya terhadap praktik manajemen bukan malah dinilai sebagai suatu fenomena sosial yang lebih luas.

Senin, 24 April 2023

Ramadhan Kareem 2023 Minal 'Aidin wal-Faizin, Hopefully Fly to be Better

Gambar: Andrye Hermawan

Akhir yang telah tiba dipenghujung kemenangan bulan ramadhan, setelah melewati bias indahnya bulan penuh berkah. Begitu sangat istimewa dihadapan umat muslim, banyak keutamaan spesial disetiap hari menjadi pembeda dari bulan lainnya. Seorang hamba yang banyak belajar tentang rasa syukur, empati,  pengendalian diri, kesabaran, berbagi kebaikan, serta banyak hal positif lainnya. Mengajarkan dan mengenalkan petunjuk yang ternyata begitu dekat, setelah tak sadar telah berjalan jauh di sela-sela waktu. Marhaban ya ramadhan terucap amerta kata ternantikan, sepanjang waktu yang membuat terus terpukau merasa harsa di dada.

Muhasabah diri mencari mengejar Lailatul Qadr mengharap ridho sang ilahi ditengah berdirinya malam hari ( QS. Al-Qadr: 1–3 "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan) ) yang tercipta al-qur'an sebagai pengobat pelipur lara ( QS Al-Baqarah: 185 “Beberapa hari yang ditentukan itu, yaitu bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang hak dan yang batil” ). Banyak kisah indah dan rangkaian kata tercipta setelah mendapatkan jauh lebih berharga di hadapan sang kuasa. Semua mengejar, memburu untuk mendapatkan keberkahan, tak terlepas mengejar ridho sang kuasa. Kisah tak selalu terlukiskan dengan gambar, namun bertutur dengan kata, kenangan serta harapan yang ditinggalkan. Bukan menafikan soal kebaikan dan keberkahan, semua hanyalah soal pilihan yang baik untuk dipilih. Semoga amalan-amalan pilihan tentang kebaikan, terbangun kebiasaan hingga diluar bulan ramadhan.

Marhaban ya ramadhan terima kasih menghiasi hari-hari, berbaik sangka walau kini kembali berharap hanya sesaat, kedepan kan kembali dengan kesempatan dari ridho ilahi. Dan telah usai, kini hanya menanti cerita indah yang telah tersampaikan disetiap penghujung hari, ditengah sunyi-nya malam hari. Semoga dapat dipertemukan kembali pada kesempatan ramadhan tahun depan lagi.

Minggu, 09 April 2023

Mie Gacoan asal kota Malang, Beneran Asli Gacor!?

 

Gambar: wikipedia.org

Kali ini kita akan membahas tentang perusahaan yang sedang growth bernama Mie Gacoan. Sebuah Perseoran Terbatas asal Malang,Jawa Timur yang menjadi bahan perbincangan oleh para nitizen karena menjual mie dengan ragam rasa pedas dan variasi menu yang murah, menjadi sebuah keuniquekan ditengah ketatnya persaingan market. Nah, sebenarnya apa yang menjadi Unique Selling Point Mie Gacoan sehingga bisa begitu Gacor merajalela ke berbagai outlet di daerah anda ? akan kita bahas.

Mie Gacoan merupakan brand waralaba restoran berdiri tahun 2016, pertama kali buka di kota Malang,Jawa Timur mengusung tema mie berlevel pedas murah modern dengan visi menjadi restoran mie nomor 1 di tanah air. Mie Gacoan dimiliki oleh pengusaha bernama Anton Kurniawan sebagai CEO dan Founder, serta bekerjasama dengan pengusaha asal Solo yaitu Harris Kristanto menjabat sebagai Human Resource Director (HRD) sejak 2017. Asal kata Gacoan sendiri mengambil dari kata “Gaco” yang berarti Andalan/Jago dalam penggunaan bahasa Jawa. Dimana brand Gacoan ini merupakan anak perusahaan dari PT Pesta Pora Abadi sebagai anak perusahaan yang sedang growth, maka Gacoan kini sedang aktif menyebar ke berbagai daerah utamanya seperti Provinsi Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat hingga sampai sekarang masih terus growth ke berbagai daerah lainnya yang bisa terjangkau dan memiliki target market baginya, termasuk sebagai bagian dari strategi perluasan pasar. Sempat menjadi perdebatan akan kehalalannya, namun Mie Gacoan resmi bersertifikat Halal yang terbit per 16 November 2022 dari LPPOM Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta yang terbaru per 1 Februari 2023 nama-nama yang menggunakan konotasi berkutip tersebut seperti unsur setan, iblis, dan lain sebagainya telah disesuaikan demi menjaminkan pada pemenuhan kriteria Sistem Jaminan Halal (SJH). Hingga saat ini karyawan perusahaan tersebut mencapai lebih dari 3.000 serta akan ada terus penambahan mengingat puluhan outlet yang tersebar daerah di Indonesia, dan terhitung dengan jumlah mayoritas berada pada pula Jawa dan Bali.

Membahas mengenai Unique Selling Point ini merupakan bagian dari rentetan proses penentu yang menjadi faktor atau karakteristik pembeda secara perusahaan/brand dari pesaingnya sehingga membuat disukai dan layak berada ditengah masyarakat/market. Maka hadirnya brand Gacoan ini membawakan sebuah nilai tersendiri atau Unique Selling Point yang membuat produk-produknya laku dipasaran dan digandrungi oleh seluruh kalangan, berikut beberapa Unique Selling Point.

Pertama Rasa Pedas, Mie Gacoan sendiri menawarkan beberapa menu andalan pedas lewat olahan berbahan dasar mie tersebut. Seperti yang kita ketahui ada Mie Angel kini menjadi Mie Suit, kemudian ada Mie Setan yang kini berubah menjadi Mie Hompimpa dimana pada produk tersebut agak sedikit memiliki perbedaan pasalnya mereka tawarkan kuat akan rasa asin gurih pedas dengan pilihan level 1 hingga 8, ada juga Mie Iblis yang kini menjadi Mie Gacoan mereka menawarkan dominan rasa pedas manis nan nikmat terbilang produk tersebut menjadi best seller atau pilihan favorite para pengunjung. Namun sebenarnya untuk kalian yang tidak menyukai rasa pedas sebaliknya mereka menyiapkan beberapa opsi pilihan pada produk untuk tidak menambahkan rasa pedas pada saat pemesanan. Sebagai tambahan produk yang mereka tawarkan tidak berhenti hanya disitu, namun mereka juga menyajikan sajian produk lainnya seperti ragam dimsum hingga minuman es. Maka itulah keunikan produk pedas yang mereka tawarkan membuat menarik atensi konsumen. Terlebih mengapa pedas di Gacoan menjadi dominan untuk diburu, karena tren pedas berlevel merambah ke berbagai produk olahan brand di indonesia, ditambah kalau kita berbicara mengenai pedas menjadi ciri khas orang Indonesia sebab rata-rata orang di negara kita penyuka/pecinta pedas hingga umumnya menjadi mayoritas. Walaupun fakta budaya makan pedas tidak hanya terjadi di Indonesia saja namun seperti China, India, Thailand, Eitopia, hingga Meksiko sama pula memiliki budaya makan pedas. Kemudian kondisi lainnya bahwa kita ketahui ragam rumah makan di Indonesia umumnya menyajikan berbagai jenis sambal termasuk sambal khusus olahan sendiri ataupun untuk campuran pada jenis makanan tertentu, karena memang begitu marak pencinta pedas. Sehingga Gacoan berhasil untuk tidak memiliki keraguan atas pilihan mereka terhadap pemilihan produk rasa pedas sebagai pilihan nilai USP (Unique Selling Point)-nya.

Kedua Murah, kalimat familiar yang ditawarkan berbagai brand tidak hanya bidang Food and Beverage namun segala lini. Mengapa? Karena secara fakta bahwa orientasi orang Indonesia memilih sebuah produk dilandaskan pada harga murah dibandingkan kualitas sehingga beberapa standarisasi pembelian mereka hiraukan. Kalau bergeser pada persoalan ekonomi juga, bahwa Indonesia terhitung dalam kategori negara berkembang maka dimana secara data pendapatan rata-rata dilansir oleh CNBC-Indonesia edisi 05 February 2023 pendapatan minimum hanya bertengger pada angka Rp 3.070.000 per bulan rata-rata Indonesia. Walaupun berbagai daerah memiliki perbedaan seperti UMR Jakarta ditetapkan tahun 2023 sebesar Rp 4.901.798, UMR Kota Bogor Rp 4.639.429, UMR Kota Depok Rp 4.694.493, dan UMR Kota Tangerang Rp 4.584.519, informasi survei didapat dari Salary Explorer sebuah layanan komparasi gaji dan portal karir. Maka dengan begitu, bila harga brand Gacoan tawarkan pada kisaran Mie termurah diangka Rp 9.500, Dimsum termurah diangka Rp 8.600, dan Minuman es termurah diangka Rp 4.100 sehingga secara komparasi terbilang benar murah untuk dibeli dan terjangkau untuk seluruh kalangan. Maka tidak heran mereka sebagai konsumen berani rela mengantri berjam-jam hanya untuk membeli produk olahan brand Gacoan tersebut, disini membuktikan Gacoan berhasil menetapkan USP (Unique Selling Point) atas riset market yang mereka lakukan untuk tepat dalam menetapkan harga paling terjangkau sehingga mudah merambah keseluruh kalangan konsumen untuk bisa membelinya.

Ketiga Mie, berbahan dasar mie yang diolah menjadi beragam jenis pilihan menu mie menjadi kunci Mie Gacoan terus berkembang. Walaupun mie bukan merupakan identik negara kita, namun mayoritas orang indonesia penyuka/pecinta mie. Dikutip berdasarkan WINA (World Instant Noodles Association) dalam beberapa tahun ke belakang mencatat negara dengan jumlah terbanyak pemakan mie yaitu Indonesia berada pada urutan ke dua, dan negara terbanyak pemakan mie dipegang oleh China dan Hong kong. Mie berbahan dasar tepung dan gandum mengedepankan fungsi kepraktisan, dirancang agar penjual makanan berbahan dasar mie maupun konsumennya menjadi lebih mudah untuk menyajikan atau mengolah baik dimasak secara basah, kering, pedas, manis, asin dan sebagainya tetap nikmat untuk dihidangkan. Menurut Jakpat sebuah lembaga survey, mayoritas orang Indonesia teruntuk konsumen fanatik bisa mengkonsumsi mie sepekan dua atau lebih, sedangkan konsumen reguler sebagai sebutan konsumen yang mengonsumsi mie hanya dua sampai tiga kali dalam sebulan. Bila dirincikan bahwa kelebihan memilih mie untuk berjualan ataupun dikonsumsi langsung karena murah, mudah disajikan dalam beragam bentuk hidangan, rasanya menggugah selera menjadikan rasa enak, tahan lama, serta mie juga mendominasi negara kita sehingga tidak perlu ragu mempertanyakan suka atau tidak, dan itulah yang menjadi USP (Unique Selling Point) brand Gacoan memilih mie sebagai bahan utama.

Dan Keempat Service 24 Jam, masuk kepada era modern/digital seperti saat ini setiap individu sudah tidak bisa diberikan batasan atau memiliki batasan terkhusus berbelanja sekalipun membeli makanan. Sebaliknya, bila kita sebagai pemilik brand maka perlu memilah apakah batasan yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Beberapa perusahaan startup ataupun konvensional pada bidang tertentu memilih untuk tetap aktif dalam layanan waktu 24 jam mengingat semakin hari ke hari pelanggan mereka terus bertambah, maka sebagai organisasi/institusi perlu memposisikan diri agar menyesuaikan demand pelanggan, bila hal itulah yang dipilih tujuannya agar tidak kecolongan pelanggan. Sama halnya yang dilakukan oleh Mie Gacoan menerapkan sistem 24 jam untuk layanan pembelian bagi kosumen, walaupun pada praktiknya masih pada beberapa cabang tertentu yang sudah menerapkan sistem tersebut namun ini menjadi nilai tambah untuk menambah cabang lainnya. Penerapan tersebut dimaksudkan memenuhi permintaan konsumen yang masih ingin merasakan sensasi mie ditengah malam maupun menghilangkan rasa lapar. Penerapan strategi tidak menghilangkan esensi bahwa Gacoan ingin menjadikan layanan yang mudah diingat dan dikunjungi saat konsumen butuhkan, mengingatkankan kembali pada komitmen seperti visi Gacoan semula yaitu ingin menjadikan restoran mie nomor 1 di tanah air.

Pada akhirnya masih banyak yang dapat didiskusikan, namun jelas terlihat kurang lebihnya hal tersebutlah yang menjadi USP (Unique Selling Point) bagi brand Mie Gacoan. Secara kesimpulan bahwa Mie Gacoan menjadi gacor, bila melihat ekspansi bisnis yang sedang berkembang pesat, meningkatkan selalu quality produk yang ditawarkan, layanan yang diberikan, dan terlebih ada baiknya dibarengi dengan pembaruan tertentu secara berkala pada beberapa lini serta selalu mengevaluasi karena harapannya agar ini tidak hanya menjadi sebuah bubble ditengah situasi trend sekarang ini.

Sabtu, 01 April 2023

Erik ten Hag is Erik ten HOPE

Gambar: pinterest

Erik ten Hag merupakan seoarang pria kebangsaan Belanda yang mulai bersinar kali pertama saat dirinya melatih Ajax sebuah klub sepak bola bermarkas di Amsterdam,Belanda. Mengukir awal kisah, saat dirinya berhasil mengalahkan salah satu deretan klub terbaik tingkat dunia pada kompetisi bergengsi (UEFA Champions League), mampu mengintegrasikan squad minimum, mempromosikan klub, membangkitkan semangat juang dan sebagainya. Namun, siapakah dia sebenarnya ? Mari kita bahas.

Awal Perjalanan Karir Erik Ten Hag

Pria berkepala plontos nan-karismatik tersebut yaitu Ten Hag, dimasanya pernah menjadi seorang pemain yang berposisi sebagai Bek tengah. Mengawali klub pertamanya bersama Twente, kemudian berpindah ke De Graafschap, lalu ke RKC Waalwijck, dan Utrecht hingga mengakhiri kisah profesional sebagai pemain dengan kembalinya ke klub awal karir ia melangkah yaitu Twente, sekaligus berhasil memenangkan gelar klub Eredivisie 2001-2002 suatu kehormatan dalam menutup karir sebagai seorang pesepak bola profesional. Kemudian, merasa dirinya belum habis Ten Hag mentuntaskan hasrat untuk melatih klub dengan berbekal pengalamannya. Ten Hag di nilai memiliki value tersendiri, sebagai sosok spesialisasi lapangan yang tepat dalam menangani klub soal culture, filosofi, kedisiplinan, pun strategi melalui caranya. Hingga akhirnya menginjakkan kaki pertama dalam dunia kepelatihan untuk klub Go Ahead Eagles, singkatnya dipilih menjadi seorang manager Go Ahead Eagles tahun 2012 dibawah tunjukan Marc Overmars yaitu seorang pengelola klub tersebut. Dan pertama kali seorang manager seperti Ten Hag  mampu mempromosikan klub ke divisi utama Eredivisie setelah 17 tahun berlalu. 

Sang Ten Hag yang Mulai Berkembang

Perjalanan berlanjut, Ten Hag melangkah melatih Bayern Munich II awal Juni 2013–2015 merupakan klub Top dunia bermarkas di Jerman. Walaupun melatih tim II/akademi apapun istilahnya, Ten Hag tetaplah Ten Hag yang bertemu seorang pelatih top global terkenal akan tacticnya bergaya menyerang (tiki-taka) yaitu Josep “Pep” Guardiola Sala atau kita sering menyebutnya Pep Guardiola. Secara tidak langsung sebagai seorang manager yang digadang menuju Top kelas, bahwa Ten Hag memiliki waktu untuk belajar serta menganalisis cara bermain, melatih, me-manage tim, termasuk untuk mengaplikasikan pada Bayern Munich II dan bekal diri untuk masa mendatang, yang tentu Ten Hag lakukan. Kemudian, tak berselang lama Ten Hag berpindah ke Utrecht 2015-2017 mantan klubnya dahulu, dengan posisi fresh menghabiskan 111 match maka kurang lebih terhitung selama dua musim. Disana Ten Hag berhasil sedikit banyaknya meningkatkan harapan Utrecht yaitu membawa klub selama dua musim berturut-turut masuk radar 5 besar Eredivisie dan layak menjadi klub untuk persaingan klasemen papan atas.

Turning Point, Ten Hag bersama Ajax Semakin-Semakin

Kesuksesannya bersama Utrecth tak menafikan bahwa Ajax tertarik meminang pelatih asal Belanda tersebut, adanya kesamaan visi misi maupun latar belakang yang mungkin menjadi suatu alasan. Akhirnya, pada 21 Desember 2017 Ten Hag resmi melatih Ajax Amsterdam, setelah terjadi pemecatan kepada Marcel Keizer akibat performa yang tak kunjung membaik. Seperti perumpaan akan hal setiap orang memiliki turning point dalam hidupnya, dan itulah yang terjadi pada Ten Hag. Kisah demi kisah mulai terukir bersama Ajax Amsterdam, mungkin ini menjadi tempat dimana Ten Hag mulai berkiprah menjadi pelatih yang segan untuk dilawan. Seperti bahwa pada musim penuh pertama Ten Hag melatih Ajax berhasil mendapatkan juara Eredivisie lewat torehan 119 gol dalam 34 laga. Termasuk, Ten Hag pada musim penuh perdananya tersebut berhasil meraih piala KNVB Cup 2018-2019 bersama Ajax sebuah gelar kompetisi domestik sepak bola di Belanda, atas lawannya Willem II Ten Hag berhasil melewati pertandingan meyakinkan untuk kemenangan Ajax dengan torehan 4-0 melalui gol Daley Blind 38’, Klaas-Jan Huntelaar 39’, 67’ dan Rasmus Kristensen 76’ ditambah dengan penguasaan bola 63% berbanding 37%.

Secara pendekatan psikologis ini lah yang membuat Ajax semakin percaya diri bersama Ten Hag untuk bersaing dalam kompetisi domestik maupun melangkah kancah Eropa. Maka tak hanya itu, pada musim tersebut secara mengejutkan Erik Ten Hag juga membuat Ajax teristimewa secara tim dan pemain, pasalnya mereka berhasil melewati fase demi fase putaran Liga Champions melalui pencapaian berkesan, dimana mampu mengalahkan klub besar peraih Liga Champions terbanyak dan juara bertahan yaitu Real Madrid dengan skor 4-1 pada putaran babak 16 besar di Stadion Santiago Bernabéu. Ini merupakan kali pertama sejak 1997 Ajax berhasil masuk semi-final UEFA Liga Champions 2018–2019, setelah sebelumnya juga sempat mengalahkan Juventus pada babak penyisihan. Selain itu, tak melupakan deretan nama pemain yang berhasil Ten Hag mainkan dalam laga-laga krusial di Liga Champions tersebut seperti salah satunya ketika memenangkan pertandingan kontra Real Madrid, membuat pemain berhasil dilirik oleh klub-klub papan atas sehingga musim berikutnya berhesail terekrut oleh klub besar tersebut seperti diantaranya pada musim berikutnya ada nama Matthijs de Ligt yang pindah ke Juventus tahun 2019 dengan nominal 85,5 juta euro, Frenkie de Jong  yang pindah ke FC Barcelona tahun 2019 secara mengejutkan dengan nominal 86 juta Euro atau setara Rp 1,3 triliun,Hakim Ziyech pemain timnas Maroko yang pindah ke Chelsea pada Juli 2020 dengan banderol 33,3 juta paun, hingga Donny van de Beek berposisi pemain gelandang yang pindah ke Manchester United pada musim panas 2020 seharga 38 juta euro, termasuk pemain-pemain lainnya yang Ten Hag berhasil orbitkan untuk dijual dalam radar transfer musiman sepak bola tingkat dunia tersebut. Sehingga manager salah satunya Ten Hag membuat Ajax menjadi pencetak pemain favorite terbanyak karena setiap tahun dapat menjual pemain namun tidak kehilangan identitasnya, dan mampu meningkatkan secara financial klub karena Ajax memegang uang cash cukup banyak inilah yang dikatakan klub sehat secara financial, tak hanya menghabiskan namun menciptakan pundi uang untuk organization/club. Pada musim berikutnya, Ajax melakoni musim 2019-2020 dengan keberhasilan juga mengingat mereka mengawali musim yang cukup baik melalui gelar trofi Piala Super Belanda (Johann Cruyff Shield) ditambah Ajax memimpin top klasemen pada Eredivisie. Namun sangat disayangkan sekali, perhelatan kompetisi harus diakhiri lebih cepat mengingat pandemi Covid-19 yang terjadi sehingga Ajax bersama Ten Hag harus terhenti pada pekan 25 sekaligus piala KNVB dan Eredivisie mengumumkan musim 2019/2020 dinyatakan berakhir tanpa klub yang menjadi juara, akan tetapi Ajax tetap ternobatkan sebagai perwakilan Eredivisie untuk lolos tiket dalam mengejar perebutan gelar Liga Champions pada putaran berikutnya.

Hijrah Menuju Dream Career

Kemudian, pada musim berikutnya yaitu 2021-2022 Ajax tetap meraih kembali sebagai juara Eredivisie sekaligus ini merupakan musim terakhir Ten Hag melatih Ajax. Trofi tersebut masuk kedalam urutan ke-35 untuk Ajax, dan sebenarnya Ten Hag sudah memperpanjang kontrak bersama Ajax untuk musim 2022-2023 namun Ten Hag memilih pindah lebih cepat untuk menuju Manchester United pada bulan April 2022. Walau demikian dengan negosiasi yang cukup alot, pasalnya terdapat beberapa prasyarat yang harus terpenuhi jika Ten Hag ingin melatih Manchester United tetapi seiring berjalannya negosiasi Ten Hag dan Manchester United menemui jalan kesepakatan. Maka secara garis besar kiprah Ten Hag bersama Ajax Amsterdam tercatat kurang lebihnya, Ten Hag berhasil mendapatkan 6 Trofi untuk Ajax, tiga diantaranya Trofi Eredivisie serta Ten Hag membantu Ajax dikenal lebih luas sebagai lawan yang menantang dengan meloloskan ke putaran Semifinal Liga Champions (rekor). Tak hanya itu bahwa Ten Hag berhasil mencatat kemenangan ke-100 bersama Ajax setelah melakoni laga yang hanya membutuhkan 128 pertandingan, ini merupakan rekor tercepat bagi seorang manager di liga Eredivisie. Ten Hag juga berhasil terpilih sebagai penerima penghargaan pelatih terbaik Belanda atau Rinus Michel Award di tahun 2019 akibat torehan yang diberikan, hingga dibawah Ten Hag persentasi kemenangan Ajax mencapai 73,81 persen lewat 210 pertandingan, 576 goal, 155 kemenangan, 29 kekalahan, 26 Imbang serta Ajax selalu terlihat memainkan gaya menyerang dengan bermain tanpa playmaker umumnya pada line-up.

Hingga akhirnya, bulan April 2022 Ten Hag berpisah dengan Ajax karena dipercaya menukangi Manchester United secara resmi sebagai Manager baru/non-interm, setelah resmi menggantikan posisi Ralf Rangnick sebagai manager interm yang kini pria tersebut tengah melatih timnas Austria. Pengabdian Ten Hag bersama Manchester United melalui proposal resmi berakhir pada tahun 2025 dengan opsi perpanjangan kontrak yang dapat diorbitkan. Sejauh ini, penampilan Manchester United bersama Ten Hag lebih baik dan cukup mengesankan bila terhitung sejak awal kepindahannya, sebab tidak banyak seorang pelatih baru yang cepat dalam beradaptasi pada liga berbeda (special case) seperti di English Premier League tersebut. Kemudian, teruntuk jejak transfer pemain yang Ten Hag hadirkan untuk musim panas tahun lalu dimana Ten Hag berhasil mendatangkan sejumlah pemain-pemain baru yang mungkin beberapa nama tersebut terkesan asing terdengar seperti Tyrell Malacia, Lisandro Martínes, Antony Matheus dos Santos, Martin Dubravka, Casemiro, Christian Eriksen, & Wout Weghorst. Namun, pilihan-pilihan nama tersebut tampaknya tidak asing untuk Ten Hag sehingga dibalik nama-nama itu kebanyakan selalu menjadi starter pada laga yang Ten Hag mainkan bersama Manchester United, mengingat performa yang diberikan cukup konsisten dibanding pemain lain peninggalan legacy oleh manager/pelatih sebelumnya. Piala pertama yaitu FA Cup berhasil dipersembahkan oleh Ten Hag dengan melakoni laga yang terbilang dini namun Ten Hag sedikitnya sudah membawa harapan serta mengembalikan marwah sesungguhnya Manchester United sebagai klub ikonik nan bersejarah yang haus gelar. Per-hari ini bahwa ternyata Ten Hag masih memiliki beberapa peluang untuk mendapatkan Treble Winners, namun apakah worth it untuk dilibas pada musim ini semua? Who’s know?! Ini akan menjadi pertanyaan besar, tentu menjadi ujian sesungguhnya bagi Ten Hag. Adu mekanik otak Ten Hag agar dapat meraih gelar juara berikutnya pada kompetisi domestik maupun kancah eropa (Europa League) maka patut dinantikan seberapa berkesan dan meyakinkan Manchester United musim ini dibawah arahan Ten Hag, sekaligus ini merupakan musim full pertama Ten Hag menukangi Manchester United. Tentu akan sedikit banyaknya menjadi salah satu parameter termasuk bahan evaluasi bagi Manchester United musim ini, agar musim berikutnya akan lebih bersiap serta waspada akan kesalahan yang terjadi.

Ternyata itulah tak banyak yang tahu bahwa kisah Ten Hag dalam berkarir sebagai pelatih tidaklah berjalan mulus. Layaknya saat sebagai pemain berpindah dari satu ke satu tempat lainnya mencari jati diri menikmati proses serta progres yang terjadi, dan itupun terkesan terulang seperti dejavu melangkahkan kakinya dalam dunia kepelatihan. Melewati masa-masa dimana harus struggle melatih klub kecil terlebih dahulu, berproses, progress, merangkap, baru naik menjadi manager itupun di klub kecil hingga barulah titik perjalannya saat ini menjadi manager resmi klub besar level dunia bermarkas di Old Trafford yaitu Manchester United. Dengan begitu secara seksama dalam pembahasan tersebut terdapat Conclusion Hope bagi Manchester United kedepannya bersama Erik Ten Hag dimana beberapa point interest tersebut diantaranya menjadi lawan yang menantang dalam persaingan gelar, mengintegrasikan squad youth hingga senior, mempromosikan klub komersil maupun non-komersil, menganalisis & melakukan pendekatan psikologis, mempelajari skema permainan, merubah culture, filosofi, kedisiplinan (profesionalisme), strategi, dan membangkitkan performa/spirit. Akankah kisah ini akan berlanjut indah dalam naungan Erik Ten Hag? Inilah kesempatan Ten Hag untuk membuktikan kualitas sesungguhnya tidak hanya sebagai seorang pelatih namun The Real Manager.

Jumat, 27 Agustus 2021

Strategi Legendaris Ala Hatta Mengkritik Soekarno

 




Judul buku        :   Demokrasi Kita ; Pikiran-pikiran tentang Demokrasi dan Kedaulatan Rakyat.

Penulis              :   Mohammad Hatta

Penerbit             :  SEGA ARSY Bandung 2009

Tebal                 :  148 Halaman

Klasifikasi         :  Sejarah Indonesia

 

Latar Belakang

Buku ini bercerita tentang pikiran-pikiran Mohammad Hatta terkait demokrasi dan kedaulatan rakyat. Memaparkan bagaimana kondisi demokrasi di barat. Lalu juga budaya yang telah ada di Nusantara, dirumuskan oleh Hatta sebaiknya demokrasi bangsa Indonesia. Pada bagian akhir dari buku juga dikumpulkan beberapa surat dari Hatta kepada Soekarno ketika beliau telah menjadi presiden Indonesia pada rentang tahun 1957-1965.

Tujuan

     Merupakan bentuk kritik terhadap pemerintahan Soekarno yang sudah mulai sangat jauh menyimpang dari cita cita demokrasi indonesia dan mengakibatkan kesengsaraan rakyat Indonesia.


Pendapat Pribadi Tentang Isi Buku

Dalam pembangunan kehidupan demokrasi, bangsa Indonesia patut berterima kasih kepada Mohammad Hatta. Dengan tidak mengecilkan peran tokoh-tokoh yang lain, dapat disebut bahwa Mohammad Hatta adalah peletak dasar demokrasi Indonesia dalam arti yang sesungguhnya. Dalam mengembangkan pemikiran demokrasi itu, Mohammad Hatta tidak terjebak pada pola pengembangan pemikiran demokrasi barat sebagaimana kerap menjadi dasar pemikiran tokoh Indonesia yang lain. Konsep demokrasi yang ditawarkan oleh hatta mengacu pada kehidupan demokrasi asli Indonesia, yaitu sistem kehidupan ‘yang berlangsung dalam kehidupan masyarakat desa.

Seperti akan terlihat, konsep Hatta tentang demokrasi kerap kali mengalami benturan dengan konsep-konsep demokrasi yang ditawarkan oleh tokoh-tokoh Indonesia yang lain, terutama yang paling menonjol adalah benturan dengan pemikiran demokrasi soekarno. Benturan pemikiran itu berkangsung sejak masa pergerakan. Pada masa setelah kemerdekaan, polemik itu kembali terjadi. Soekarno menginginkan demokrasi yang berlaku di Indonesia adalah demokrasi presidensial, sementara Hatta meyakini demokrasi parlementer sebagai bentuk demokrasi yang tepat untuk Indonesia yang heterogen. Lebih luas lagi, Soekarno sangat gandrung dan menganggap persatuan sebagai tujuan, sementara hatta memandang bahwa persatuan hanyalah sebagai alat. Soekarno menghendaki Negara kesatuan, sementara Hatta menghendaki Negara serikat. Soekarno anti demokrasi parlementer, sementara Hatta menginginkan demokrasi parlementer. Soekarno menganggap suara (voting) merupakan tirani mayoritas, sementara Hatta menganggap voting sebagai jalan mencapai mufakat.

Namun diluar semua pemikirannya, Hatta merupakan kampium demokrasi yang paling konsisten dengan gagasan dan pemikirannya. Konsistensi Hatta itu terbukti ketika ia harus mengundurkan diri dari jabatan wakil presiden demi “menghindari” logika demokrasi terpimpin yang dipaksakan untuk diberlakukan oleh presiden Soekarno. Pada saat itulah Hatta menurunkan tulisan, “Demokrasi Kita”,  sebuah tulisan tentang demokrasi yang cukup monumental bagi sejarah politik Indonesia. Dalam posisi diluar “arena kekuasaan” itu, Mohammad Hatta juga masih terus melakukan koreksi dan kritik terhadap presiden Soekarno tentang Demokrasi Terpimpin yang membuat kehidupan demokrasi saat itu berada diambang kehancurannya. Pemikiran-pemikiran Mohammad Hatta tersebut mudah-mudahan dapat membuka kembali wacana tentang kehidupan demokrasi di Indonesia yang hingga hari ini belum menentukan bentuknya yang nyata.

Pada bagian ketiga dalam buku ini, yang berbicara mengenai demokrasi Indonesia dan kedaulatan rakyat mengatakan bahwa : “dalam majalah persatuan Indonesia nomor 109, Si Rakyat menulis perkara demokrasi. Ia mencela demokrasi impor yang bukan kebudayaan kita”. Disini ia menyindir asas pergerakan kita, karena kita memakai dasar kedaulatan rakyat. Akhirnya ia menulis: “Kedemokrasian adalah keyakina keadilan segenap bangsa Indonesia, bukan keyakinan impor yang lain, tetapi merupakan keyakinan Indonesia sejati. Keyakinan ini mesti menjadi semboyan segala partai-partai di Indonesia, dan mesti menjadi dasar susunan Indonesia merdeka di masa yang akan datang. Dasar-dasar Demokrasi yang terdapat dalam pergaulan hidup sasli di Indonesia kita pakai sebagai sendi politik kita. Akan tetapi kita insaf akan pertukaran zaman, insaf bahwa dasar-dasar yang ada dahulu tidak mencukupi sekarang untuk menyusun Indonesia merdeka yang berdasar Demokrasi. Sebab itu, asas asas asli Indonesia harus dicocokkan dengan kehendak pergaulan hidup sekarang, harus dibawa ke tingkat lebih tinggi. Pendeknya, diluaskan lingkarannya dan dilanjutkan tujuannya.

Memang nama dan pengertian Demokrasi itu datang dari barat. Tidak terdapat dalam bahasa kita terdahulu, sebab belum ada juru politik atau juru filsafat dalam pergaulan kita yang menguraikan teori hukum Negara (state recht). Juga perkataan demokrasi yang dipakai oleh Si Rakyat tidak asli. Perkataan itu juga impor! Akan tetapi si pemabuk “asli” memakai saja perkataan itu. Kenapa tidak dicari pula “aslinya” supaya jangan ragu? Partai-partai Indonesia disuruh memakai semboyan “Demokrasi Indonesia” tetapi bagaimana rupa Demokrasi Indonesia itu, hal ini tidak diuraikan. Sebagai contoh disebutnya pengertian Demokrasi di Minangkabau : sepakat. Kita khawatir, kalau-kalau rakyat yang membaca karangan itu, tidak dapat menyesuaikan dasar mufakat di kampung atau di negeri kepada pemerintah Indonesia yang begitu luas daerahnya dan begitu besar urusannya. Semboyan yang demikian, sama dengan semboyan demokrasi bagi politik orang barat. Demokrasi saja tidak berarti lagi, sungguh pun dibarat perkataan itu juga mempunyai pengertian yang asli. Karena sekarang ada Liberale Democratie dan ada pula Sociale Democratie. Semuanya memakai Demokrasi asli barat sebagai dasar.

Disini kita akan selidiki sedikit tentang kedudukan Demokrasi asli di Indonesia supaya tampak jelas akan kosongnya semboyan “Demokrasi Indonesia” untuk menjadi dasar susunan Indonesia merdeka. Di waktu dahulu, sebelum tanah-tanah Indonesia jatuh ke pemerintahan bangsa asing, Demokrasi hanya ada dalam pemerintahan desa, yang bersendi kepada rakyat. Jadinya ada Desa-Demokrasi tetapi tidak ada Indonesia-Demokrasi. Keadaan feodalisme telah mencelakakan rakyat Indonesia sampai diperintah oleh bangsa asing. Demokrasi desa yang mempunyai dasar yang baik, tidak dapat maju dan tinggal pincang bentuknya, karena dipundaknya terdapat otokrasi semata-mata. Jadi, didalam pergaulan Indonesia yang asli demokrasi itu hanya terdapat dibawah. Pemerintahan diatas semata-mata berdasarkan otokrasi. Diatas otonomi desa berdiri Daulat Tuanku, yang melakukan sewenang-wenang yang tiada dikontrol oleh rakyat.

Secara sederhana, pemikiran Mohammad Hatta tentang Demokrasi adalah bahwa sebagai bangsa yang merdeka, Indonesia harus mengisi pengertian semboyan Demokrasi yang semula kosong menjadi berisi berbagai macam karakteristik dan watak asli bangsa ini. Indonesia tidak boleh begitu saja menerima secara langsung apa-apa yang disebut dengan Demokrasi gaya barat seperti Demokrasi Liberal dan Demokrasi Sosialis. Indonesia harus menentukan sendiri format baru yang baik bagi kemajuan bangsa di kemudian hari. Sehingga Mohammad Hatta lebih senang menyebutnya dengan “Demokrasi Kita”. Tentu hal ini merupakan pembelajaran bagi kita sebagai mahasiswa ilmu komunikasi untuk menentukan kembali dan menggali sejarah perkembangan Demokrasi Asli Made In Indonesia. Tidak semata-mata terpengaruh dengan hegemoni ilmu pengetahuan yang condong terhadap Demokrasi Barat. Melalui buku ini, Mohammad Hatta mengisyaratkan bahwa sebagai sebuah bangsa yang merdeka dan mandiri, Demokrasi Kita ini harus selalu disesuaikan dengan perkembangan zaman dan waktu sehingga terciptanya masyarakat Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera.


Alasan Memilih Mohammad Hatta

Membicarakan Bung Hatta tidak akan pernah habis untuk beberapa dekade, dan mungkin beberapa abad yang akan datang karena sangat kaya akan visi, gagasan, dan contoh-contoh konkret yang dialami oleh banyak orang. Dalam pribadinya nilai-nilai baik yang positif dari timur dan barat telah menyatu dalam format yang hampir sempurna. Tetapi pertanyaan yang masih merisaukan adalah: pandaikah atau lebih provokatif lagi, maukah kita belajar dari sosok negarawan moralis ini, yang lahir separuhnya dari rahim bangsa kita di sebuah kota kecil di tanah Minang pada 12 Agustus 1902? Bung Hatta merupakan konseptor utama tentang kedaulatan rakyat. Rakyat adalah yang utama. Baik semasa pergerakan maupun sesudah kemerdekan, rakyat menjadi titik sentral perjuangan Bung Hatta. Dengan pendidikan, rakyat harus dibuat 40 Ibid. 20 insaf akan harga dirinya. Sehingga ia bisa berpartisipasi dalam proses politik. Rakyat merupakan raja atas dirinya sendiri. Dengan berpegang pada prinsipnya tentang kedaulatan rakyat, maka pemikiran-pemikirannya kemudian selalu setuju pada rakyat seperti pada masalah kebangsaan dan perjuangannya kemudian dalam memasukkan hak-hak rakyat dalam UUD 1945. Bung Hatta sampai akhir hayatnya merupakan tokoh yang konsisten antara perkataan dan perbuatannya. Seperti yang ditulis pada buku DEMOKRASI KITA,dan Kumpulan Karangannya, bahwa sikap dan tingkap laku Bung Hatta kelihatan sebagai pantulan langsung dari apa-apa yang sebenarnya menjadi buah pikirannya. Atau bisa dikatakan bahwa sikap dan tingkah laku Bung Hattta yang terlihat sebenarnya merupakan personifikasi dari pemikiran-pemikirannya. Apa yang mungkin kurang jelas disampaikannya dalam bentuk karya tulisan atau pemikiran, hal itu akan lebih mudah dimengerti melalui sikap dan tingkah laku yang diperlihatkannya. Di samping berbagai julukan yang dimengerti melalui sikap dan tingkah laku yang diberikan kepada Bung Hatta dari seorang pahlawan Proklamator, Bapak Koperasi, negarawan, demokrat sejati, cendekiawan, atau satu lagi yang tidak bisa dilupakan, bahwa Bung Hatta adalah sebagai guru bangsa, sebagai pendidik negeri yang sejati, dalam politik, ekonomi, dan moral. Guru dalam teori dan praktik. Kecintaannya pada rakyat yang diperjuangkannya dibuktikan sampai akhir hayatnya, dengan wasiatnya yang terakhir bahwa bila dipanggil oleh Yang Maha Kuasa ia ingin dikuburkan di tengah-tengah rakyat, yaitu di Tanah Kusir yang merupakan tempat peristirahatan terakhir Bung Hatta. Kepergiannya merupakan duka yang amat mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia.


Kesimpulan

Menurut Bung Hatta  demokrasi haruslah terkandung tiga unsur penting yaitu sosialisme yang berprinsip humanisme, ajaran agama, dan juga perilaku yang kolektiv. Selain itu menurut Bung Hatta demokrasi sudah lama dilakukan di masyarakat desa, dimana kehidupan dimasyarakat desa dalam memilih pemimpin terdapat nilai-nilai penting yaitu rapat, mufakat, gotong royong, hak mengadakan rapat bersama, dan hak menyabut kekuasaan absolut.

Relevansi pemikiran Bung Hatta dengan kehidupan sekarang sangatlah berpengaruh dilihat dari pelaksanaan demokrasi sekarang dimana negara sudah sedikit bepandangan sosialis dengan mengedepankan prinsip humanisme, seperti menghargai harkat, derajat, dan martabat serta menghargai pendapat yang berbeda. Selain itu ajaran agama juga dan perilaku kolektiv juga kental dalam berkehidupan demokrasi sekarang.

Mohammad Hatta seorang pemikir maupun pejuang demokrasi atau kedaulatan rakyat untuk membangun Indonesia, dengan mengembangkan gagasannya mengenai kedaulatan rakyat berdasarkan apa yang dianggapnya sebagai kelemahan demokrasi Barat.